Marhaban Ya Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1435 H



Sabtu, 10 Maret 2012

Koperasi di Asahan Terus Bertumbuh

Sumatera Utara Jumat, 08 Okt 2010 12:13 WIB

MedanBisnis – Kisaran. Koperasi di Kabupaten Asahan terus bertumbuh. Sesuai data tahun 2009, jumlah koperasi di daerah tersebut telah mencapai 412 unit dan setiap tahunnya mengalami pertumbuhan 18 koperasi hingga 20 koperasi.



"Pertubuhan koperasi cukup bagus di daerah ini, apalagi setiap tahunya ada 20 koperasi yang tumbuh," kata Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UKM Asahan melalui Kabid Koperasi M Yusup Sihotang, Rabu (6/10) kepada MedanBisnis di gedung dinas setempat.

Yusup mengakui, pertumbuhan koperasi tersebut sangat positif bagi perkembangan koperasi di tengah masyarakat. Sebab, perkembangan koperasi memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan taraf hidup orang banyak.

"Perkembangan koperasi identik dengan pertambahan modal. Tentu saja dengan bertambahnya modal akan dapat meningkatkan penyaluran kredit kepada anggotanya. Kalau jumlah koperasi terus berkembang, maka perekonomian rakyat akan menjadi kuat," sebut Yufup.

Namun dengan terus bertumbuhnya koperasi, Yusup berharap koperasi dapat terus dipertahankan keberadaannya. Karena saat ini banyak koperasi yang telah tumbuh, setelah itu tidak aktif lagi. hal tersebut, katanya, disebabkan banyak pengurus yang tidak memahami sistem kerja koperasi tersebut. "Kami berharap koperasi yang tumbuh dapat terus berjalan," ujar Yusup seraya mengatakan dari 412 koperasi yang terdaftar hanya 234 yang aktif.

Perkembangan koperasi tersebut, menurut Yusup, tidak terlepas dari peran pemerintah daerah dengan berbagai kebijakan-kebijakan pemberdayaan koperasi yang telah dilakukan selama ini. Sebab, katanya, pemerintah daerah melakukan pembinaan, di antaranya dengan meyurati pengurus dan mensosialisasikan peraturan terkait koperasi sehingga pengurus taat dengan aturan tersebut.

"Kita selalu melakukan pembinaan terhadap koperasi. Bila koperasi tersebut menghadapi persoalan, kami selalu melakukan pendekatan, agar persoalannya dapat segera selesai," terang Yusup sembari mengatakan bahwa jenis yang mendominasi koperasi di Asahan adalah koperasi KSU dan KJKS BMT. (indra sikoembang)

0 komentar:

Posting Komentar

indra sikoembang © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute