Marhaban Ya Ramadhan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1435 H



Sabtu, 19 Februari 2011

Perpustakaan Asahan Launching Program Wisata Baca


Sumatera Utara Jumat, 08 Okt 2010 12:19 WIB, indra sikoembang

MedanBisnis – Kisaran. Perpustakaan Kabupaten Asahan terus membuat program baru untuk meningkatkan minat baca generasi bangsa di daerah tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah me-launching (mengukuhkan dan merumuskan) program Wisata Baca untuk para pelajar sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI).



"Hari ini merupakan peluncuran pertama progaram wisata baca buat para pelajar," kata Kepala Kantor Perpustakan Asahan, Supriyanto kepada MedanBisnis, Kamis (7/10) di gedung perpustakaan setempat.

Supriyanto menjelaskan, bahwa konsep wisata baca tersebut akan dikunjungi oleh para pelajar SD dan MI sebanyak 40 orang per kecamatan. Kunjungan dijadwalkan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

"Kita sudah susun daftar sekolah mana saja yang akan mengunjungi wisata baca Perpustakaan Asahan. Namun, hingga saat ini perpustakan hanya dapat melayani lima kecamatan, di antaranya kecamatan Kisaran Barat, Timur, Air Joman, Meranti dan Pulo Bandring," kata Supriyanto.

Dalam wisata baca tersebut, kata Supriyanto, anak-anak akan diperkenalakan perpustakaan, mulai dari tujuanya hingga makna keberadan perpustakaan. Kemudian, katanya, anak-anak diajak untuk membaca buku di dalam ruangan baca yang telah tersedia.

Setelah itu pihak perpusatakaan mengajari anak-anak cara untuk mengakses internet. Sebab, perpusatakaan tersebut memiliki ruang khusus internet. Terakhir, anak-anak diajak berwisata ke ruang theater atau ruang pemutaran film dan dokumenter. Di ruang tersebut, anak -anak akan menyaksikan film-film Indonesia serta film dokumenter.

"Semua kegiatan ini, sekaligus mengkampanyekan program gemar membaca kepada generasi muda bangsa dan memberikan nuansa belajar yang baru. Wisata baca juga menwujudkan program Pemkab Asahan yakni mewujudkan masyarakat yang cerdas yang merupakan visi Bupati Asahan," ujar Supriyanto.

Sementara itu, salah seorang pelajar SD Sri Wahyuni mengatakan, wisata baca tersebut sangat menyenakan dan memberikan ilmu pengetahuan yang baru, khususnya mengakses internet. "Wisata baca ini sangat asyik, apalagi kami disuguhi nonton film yang berjudul Merah Putih dengan layar lebar dan ditambah lagi kami diajari mengakses internet," ungkap Sri

0 komentar:

Posting Komentar

indra sikoembang © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute